Upaya Pengurangan Sampah Sedotan Plastik yang Optimal

Sedotan stainles sebagai cara paling jitu pengurangan sampah sedotan plastik

upaya stainless straw jogja untuk mengurangi sampah plastik

Upaya pengurangan sampah plastik dapat dilakukan dengan membatasi penggunaan kantung plastik sudah mulai dilakukan di beberapa kota di Indonesia seperti Balikpapan, Denpasar, Jambi, Bogor, dan Bali. Jakarta kini sedang merumuskan peraturan Gubernur sejenis yang melarang penggunaan kantung plastik sekali pakai baik di pasar modern atau di pasar tradisional. Harapannya, seluruh kota di Indonesia juga menerapkan hal serupa guna mengurangi sampah dunia khususnya Indonesia. Karena Indonesia adalah termasuk negara penyumbang sampah terbesar dilautan kedua setelah Cina. Di Balikpapan, sejak peraturan yang melarang distribusi kantung plastik di gerai pasar modern diterapkan pada Juli tahun lalu, konsumsi kantung plastik sudah berkurang hingga lebih dari 50 juta lembar. Sementara itu, Bogor telah menerapkan aturan serupa pada awal Desember lalu. Jika pembatasan penggunaan kantung plastik di Balikpapan saja sudah mampu mengurangi sebanyak 50 juta lembar, dapat diperkirakan berapa banyak sampah plastik yang akan terkurangi jika hal tersebut dilakukan diseluruh wilayah di Indonesia.

Di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) sampah yang dihasilkan oleh masyarakat capai 260 ton dalam satu hari dan jumlah tersebut adalah cukup besar bila dibandingkan dengan wilayah DIY yang tidak terlalu luas. Di Kota Yogyakarta sendiri seperti dilansir dari Antara News Jogja sudah mampu mengurangi dan menurunkan 21 persen sampah yang dibawa ke TPSA Piyungan. Sampah yang dihasilkan dari kegiatan rumah tangga juga didominasi oleh bahan plastik yang memiliki dampak buruk bagi lingkungan. Salah satu cara penanggulangan bahaya sampah plastik adalah dengan daur ulang. Namun masih jarang ditemukan tempat untuk mendaur ulang sampah plastik dikawasan ini. Jumlah bank sampah yang ada di Jogja juga tidak terlalu banyak.

Pengurangan kantung plastik saja belum cukup untuk mengurangi masalah sampah di Indonesia karna bukan hanya kantung plastik yang banyak digunakan oleh masyarakat di Indonesia melainkan banyak sekali macamnya seperti sedotan plastik, kemasan makanan, gelas-gelas minuman, dan botol minuman. Hal tersebut membuat upaya pengurangan sampah plastik harus dilakukan lebih keras karena penggunaan plastik sudah menjadi kebiasaan yang paling sering dilakukan. Dikutip dari katadata.co.id, penggunaan sedotan plastik harian di Indonesia mencapai 93,2 juta unit dan dapat dibayangkan berapa banyak sampah sedotan plastik yang dibuang ke lingkungan setiap harinya. Gerakan anti sedotan plastik sudah banyak digencarkan mulai tahun 2018 hingga sekarang. Pengalihan penggunaan sedotan plastik ke sedotan stainles menjadi salah satu cara paling mudah dilakukan karena harga sedotan stainles yang sangat terjangkau jika dibandingkan dengan manfaatnya yang sangat luar biasa. Sedotan stainles sudah banyak dijual pada marketplace dan online shop termasuk pada stainlesstrawjogja.com. Stainles Straw Jogja menyediakan banyak pilihan sedotan stainles bahkan sedotan stainles dijual satuan. Stainles Straw Jogja juga sering mengadakan give away dan memberikan diskon guna mendukung perbaikan lingkungan. Stainles straw jogja selalu menyimpan stok sedotan stainles karena dalam beberapa bulan terakhir khususnya di Jogja banyak anak muda yang menyadari akan pentingnya produk ini. Mari bersama-sama dengan Stainles Straw Jogja mengurangi sampah plastik guna masa depan lebih baik. Cukup dengan melakukan hal-hal kecil seperti membawa kantong belanja sendiri, menolak diberikan sedotan plastik, menggunakan sedotan stainles, membawa botol minum sendiri, membawa tempat makan sendiri, mengurangi pemakaian tissue, dan mendaur ulang plastik yang terlanjur kita miliki kita sudah mengambil andil memperbaiki lingkungan.